Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

Siswa MAN 1 Kebumen Raih Prestasi Kejuaraan Nasional Pencak Silat
Siswa MAN 1 Kebumen Raih Prestasi Kejuaraan Nasional Pencak Silat

 Ekstrakurikuler

 Adinila Budiyadi

Pencak silat merupakan warisan kepribadian budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat jasmani dan rohani. Saat ini pencak silat bukan saja dipelajari oleh bangsa Indonesia saja, tetapi sudah sampai ke belahan bumi lain seperti dataran Eropa. Dalam rangka melestarikan kebudayaan yang adiluhung, baru-baru ini Sayap Rajawali EO menggelar Kejuaraan Nasional Pencak Silat “Magelang Championship 1 2022 Pemasalan dan Prestasi” Jum’at – Minggu (27-29/22). Kejuaraan nasional pencak silat yang diikuti oleh atlet dari sekolah dan perguruan pencak silat di Indonesia ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para pencinta silat dan atlet pemula untuk bisa meraih prestasi yang seluas-luasnya.

 

Dalam ajang kejuaraan nasional pencak silat yang bertempat di GOR Samapta Magelang tersebut pesilat asal MAN 1 Kebumen kembali menorehkan prestasi yang diukir oleh Ilham Aji Prasetyo (X Agama 1) Juara III Kelas D Putra Tingkat SMA/MA/Sederajat, Miftahul Ulum (XI Agama 1) Juara III Kelas D Putra Tingkat SMA/MA/Sederajat dan Rahma Sulistyawati (X Bahasa) Juara Harapan Kelas B Putri Tingkat SMA/MA/Sederajat.

 

“Alhamdulillah, latihan selama ini membuahkan hasil. Meskipun masih perlu diasah agar anak-anak semakin matang dan siap untuk bertanding pada kejuaraan-kejuaraan yang akan datang,” ungkap pembina pencak silat MAN 1 Kebumen, Slamet Raharja yang dikonfirmasi keberhasilan anak- anak asuhannya.

 

Walaupun masih perlu diasah, jelasnya, para pesilat remaja MAN 1 Kebumen mampu menunjukkan mental yang bagus dan keberanian dalam mengikuti kompetisi yang sekaligus merupakan ajang pemanasan setelah masa pandemic covid-19.

 

H. Wachid Adib selaku kepala MAN 1 Kebumen menyampaikan ucapan selamat untuk para juara.  Harapannya ini juga bisa meningkatkan motivasi dan prestasi para atlet lain dan teruslah berlatih.

“MAN 1 Kebumen senantiasa memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik melalui ekstrakulikuler pencak silat agar potensi semakin terasah dan mampu berprestasi. Bagi siswa kelas 9 SMP/MTs yang memiliki prestasi bidang non akademis silahkan dapat mendaftarkan diri sebagai calon peserta didik MAN 1 Kebumen secara offline dengan datang langsung maupun secara online pada alamat : http://ppdb22.mansakebumen.sch.id”, pungkas H. Wachid Adib. (na/tt)