Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

Semakin Bersinar 92 Siswa MAN 1 Kebumen lulus Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes
Semakin Bersinar 92 Siswa MAN 1 Kebumen lulus Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

 Prestasi

 Adinila Budiyadi

               Kebumen – Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen) kembali mengantarkan peserta didiknya untuk melanjutkan pada dunia perkuliahan, dengan jumlah terbanyak se eks karesidenan Kedu. Semangat dan motivasi senantiasa didengungkan oleh Kepala MAN 1 Kebumen Wachid Adib dalam setiap kesempatan bertatap muka dengan peserta didik ataupun melalui Bapak/Ibu guru dan wali kelas.

Hal tersebut tentu bukan kesia-siaan, pasalnya motivasi dan bimbingan yang telah dilakukan berbuah manis pada banyaknya penerimaan peserta didik MAN 1 Kebumen di perguruan Tinggi Negeri sebagaimana yang telah dicita-citakan.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah diumumkan tanggal 26 Maret 2024 sebanyak 21 Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen) telah dinyatakan lulus, sementara pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTKIN) peserta didik MAN 1 Kebumen lulus sebanyak 65 orang, selain dua jalur tersebut 5 peserta didik sebelumnya telah lulus melalui jalur PMDP Umum (Penelusuran Minat dan Prestasi) Poltekkes serta 1 siswa diterima melalui jalur pesantren, jadi jumlah peserta lulus di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes atau jalur prestasi berjumlah 92 siswa.

Pada tahun sebelumnya sampai pada tahapan ini peserta didik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur tersebut di atas berjumlah 80 siswa pada tahun 2024 ini mengalami peningkatan menjadi 92 peserta didik yang diterima melalui prestasi.

Ucapan syukur dan terima kasih disampaikan kepala Madrasah usai membaca rekapan hasil seleksi tahun ini.

“Alhamdulillah, terima kasih untuk Bapak Ibu Guru Bimbingan Konseling (BK) dan guru pendamping sukses PTN, Josss!” ungkap Wachid Adb.

Siti Fathurohmah selaku wakil kepala bidang kurikulum  juga menambahkan bahwasanya pada tahun ini MAN 1 Kebumen masih mempertahankan posisi berada pada peringkat pertama menempati urutan terbanyak di terima pada Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes se eks-karesidenan Kedu.

Ungkapan bahagia dan syukur tersebut menular kepada para guru, yang juga menyampaikan hal yang senada.

“Alhamdulillah, subhanallah, semoga semakin memotivasi adek kelas di MAN 1 Kebumen” ucap seorang guru pembimbing Elly Samodrati melalui pesan Whatssapp grup.

Sebagaimana yang menjadi harapan MAN 1 Kebumen adalah bisa mengantarkan peserta didik lebih banyak lagi setiap tahunnya pada Perguruan Tinggi Negeri pilihan peserta didik, bagi peserta didik yang belum diterima pada jalur tersebut, masih berkesempatan untuk mengikuti jalur pendaftaran Mandiri Berprestasi, Mandiri UTBK dan Mandiri Utul (Ujian Tulis) yang tanggal pelaksanaannya berbeda dan merupakan kebiajakan dari masing-masing perguruan Tinggi Negeri tersebut. (lan)