Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

Ramadan Penuh Makna di MAN 1 Kebumen
Ramadan Penuh Makna di MAN 1 Kebumen

 Religi

 Adinila Budiyadi

Kebumen- Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen usai menyelenggarakan Amaliah Ramadan, setelah serangkaian kegiatan yang penuh makna. Pasalnya selama bulan puasa ini telah dilaksanakan serentetan kegiatan Madrasah baik yang bersifat rohani maupun kegiatan kurikulum lain, disampaikan oleh Siti Fatkhurohmah selaku wakil kepala bidang kurikulum yang mengatur sistem penjadwalan di Madrasah setempat. (14/4)

"Selama ramadan ini peserta didik tetap aktif menjalankan kegiatan belajar, diantaranya Ujian Madrasah, Penilaian Harian Bersama, Amaliah Ramadan dan juga Ujian Praktik." Fathurohmah memaparkan.

Pada minggu terakhir konsentrasi pada kegiatan Amaliah Ramadan serta Ujian Praktik keagamaan lebih intens, adapun kegiatan Amaliah Ramadan meliputi tadarus Al Quran di pagi hari selama 30 menit oleh peserta didik dengan didampingi guru mapel pada jam belajar. Pengajian rutin selama empat hari mulai hari senin sampai dengan kamis (10-13) yang diikuti oleh kloter kelas berbeda setiap harinya, adapun masing-masing kloter terdiri dari 4 kelas.

Khakam Umam selaku panitia guru pada Amaliah Ramadan dalam rapat persiapan menyampaikan tentang tema pada kegiatan Amaliah Ramadan tahun ini adalah "Menghidupkan Bulan Istimewa, Meraih Derajat Taqwa" pemateri pada Kegiatan Amaliah Ramadan adalah Kepala Madrasah dan beberapa Guru rumpun PAI yaitu Wachid Adib, M.Khanifan, Muslichudin, Kharis Budiman dan Masrukhin.

“Kajian Islam berlangsung sampai waktu dhuhur dilanjutkan shalat dhuhur berjamaah, selepas shalat dhuhur terdapat kegiatan kuliah tujuh menit (kultum) dengan petugas perwakilan tiap kelas secara bergilir. Hal ini bertujuan untuk melatih ketrampilan bicara di depan umum sebagaiaman latihan khitobah singkat.” Dipaparkan oleh M. Khanifan selaku panitia Amaliah Ramadan.

“Adapun malam puncak dari kegiatan Amaliah Ramadan adalah Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit), diselenggarakan pada 12-13 April 2023 dengan rangkaian acara buka bersama guru, santri Asrama Al Kautsar MAN 1 Kebumen, Pengurus dan anggota Organisasi Kajian Keagamaan Islam (KKI), shalat maghrib, Isya dilanjutkan Tarawih berjamaah, tausiyah, sahur dan salat subuh berjamaah.

Tausiyah diisi oleh Kyai Amirudin dari Klirong. Dengan memberikan penguatan keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik yang mengikuti mabit, mereka tampak tetap bersemangat membersamai ramadan yang penuh makna dengan iringan hujan yang mengguyur.

Hari terakhir Amaliah ramadan adalah pentasyarufan zakat oleh panitia, sebagai penyaluran zakat yang dikumpulkan dari peserta didik MAN 1 Kebumen selama lima hari tersebut.

“Alhamdulillah kegiatan Amaliah Ramadan bisa terlaksana, mengingat kegiatan ini sudah kami rencanakan dari jauh hari, semoga kegiatan ini bisa membawa keberkahan dan manfaat bagi kita semua dan termasuk umat beruntung di bulan ramadan ini.” Disampaiakn Irfan Ikrahanan selaku ketua panitia dari siswa. (lan)