OSIS MAN 1 Kebumen Gelar Rapat Penetapan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021_2022

OSIS MAN 1 Kebumen Gelar Rapat Penetapan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021_2022

Pada hari Senin, 20 September 2021 yang lalu, telah dilaksanakan kegiatan rapat penetapan calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS masa bakti 2021/2022.  Kegiatan ini berlangsung dari pukul 12.30 sampai dengan pukul 14.30. Rapat diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Nasyitotul Jannah dari kelas XII MIPA 3 selaku MC. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Agung Yuliantoro, S.Pd. selaku Pembina OSIS. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dari Bapak Kepala Madrasah, Bapak H. Sodikun, S.Ag., M.Pd.I. yang berisi “Kita harus menjadikan pengurus OSIS yang berisi anak – anak pilihan yang dapat dijadikan teladan yang baik serta penggerak di MAN 1 Kebumen”.

 

Setelah itu rapat dilanjutkan dengan acara inti, yaitu penetapan calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022 yang dipandu oleh Eka Nur Hidayah dari kelas XII IIS 4 selaku moderator. Pembahasan dimulai dengan pembacaan data diri dari masing – masing calon kandidat ketua dan wakil ketua OSIS yang telah ditetapkan dari hasil rapat internal panitia reorganisasi OSIS masa bakti 2020/2021. Adapun calon kandidat ketua OSIS yang diajukan Adalah Idhan Haidar Kurniawan dari kelas XI MIPA 1 dan Shafly Hidayatullah dari kelas XI MIPA 1, dan calon wakil ketua OSIS yang diusung adalah Amalia Aisyah Amini dari kelass XI MIPA 3 dan Zulfah Sri Wahyunigsih dari kelas XI MIPA 1. Selain itu juga dibacakan keunggulan dari setiap kandidat, dengan aspek penilaian dari segi organisasi, sosial, manajerial, dan emosional.

 

Setelah pemaparan data diri dan keunggulan tiap kandidaat calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS, rapat dilanjutkan dengan tanggapan dari para pembina OSIS. Para Pembina OSIS diperkenankan untuk menanggapi, menyanggah, dan memberikan usulan atau saran serta kritik terhadap kandidat yang ada. Menurut Ibu Eni Kustini, S.Pd. selaku pembina OSIS sekbid 2 beliau memaparkan bahwa “Seorang pemimpin harus memiliki modal atau pengalaman dalam berorganisasi, memiliki sikap sosial yang tinggi. Serta harus bisa bekerja sama, berkoordinasi, dan memiliki komunikasi yang baik dengan anggota, pembina, pihak madrasah, maupun orang sekitar, dan dapat mengimplementasikan program kerja yang sudah ada”.

Adapun pernyataan dari Pembina lain seperti “Pemasangan calon kandidat harus seimbang dan sesuai dengan aturan yang sudah ada. Selain itu pemimpin harus punya potensi dari segi manajerial guna mengelola organisasi dan sifat orasi guna mempengaruhi anggota untuk melaksanakan gagasan atau program yang sudah ada”. Ujar Bapak Muslichudin, S.Ag. selaku pembina OSIS sekbid 1. Dan masih banyak pendapat serta saran dari Pembina yang lainnya.

 

Setelah melalui musyawarah bersama, didapatkan hasil sebagai berikut : Pasangan calon no urut 1 atas nama Idhan Haidar Kurniawan dari kelas XI MIPA 1 dan Zulfah Sri Wahyuningsih dari kelas XI MIPA 1. Dan pasangan calon nomor urut 2 atas nama Shafly Hidayatullah dari kelas XI MIPA 1dan Amalia Aisyah Amini dari kelas XI MIPA. Setelah didapatkan hasil yang disepakati, rapat kali ini kembali dipandu oleh mc dan ditutup dengan bacaan hamdalah bersama.

 

pen.anisanurhidayah.osismansa