Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

OSIS MAN 1 KEBUMEN GELAR KELAS KEBANGSAAN PERINGATAN HUT RI KE-76
OSIS MAN 1 KEBUMEN GELAR KELAS KEBANGSAAN PERINGATAN HUT RI KE-76

 Ekstrakurikuler

 Adinila Budiyadi

Selasa, 10 Agustus 2021 OSIS MAN 1 Kebumen mengadakan kelas kebangsaan. Kelas kebangsaan ini merupakan salah satu bentuk rangkaian Peringatan HUT RI ke-76 MAN 1 Kebumen. Kelas kebangsaan dilakukan secara online melalui platform Zoom Meeting dari rumah masing-masing.

Kegiatan yang mengusung topik “Memupuk Karakter Kebangsaan untuk Siap Bela Negara Menuju Indonesia Maju” ini, dihadiri oleh seluruh civitas akademik MAN 1 Kebumen, siswa-siswi MAN 1 Kebumen dan tentunya para narasumber yang luar biasa. Beliau adalah Ibu Rr. Yulia Widowati, S.H. selaku guru PPKn di MAN 1 Kebumen dan Bapak Hendri Unduh Nurmawan, M.Pd., C.STMI, C.NNLP., beliau adalah seorang motivator dan pimpinan dari Lembaga NHSC (Nur Hidayah Study Club). Bapak Hendri Unduh Nurmawan, M.Pd., C.STMI., C.NNLP juga merupakan alumni kebanggaan MAN 1 Kebumen.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Madrasah dan Mars MAN 1 Kebumen. Selanjutnya adalah sambutan dari Kepala MAN 1 Kebumen, Bapak H. Sodikun, S.Ag., M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menyebutkan bahwa nilai dalam bela negara dapat diterapkan dalam bela madrasah, yaitu dengan merasa bangga dan ikut berpartisipasi untuk mewujudkan MAN 1 Kebumen yang tangguh dan berprestasi.

Setelah sambutan berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi selama kurang lebih 30 menit oleh masing-masing para narasumber. Kemudian ada sesi diskusi dan tanya jawab bersama peserta kelas kebangsaan yang hadir. Sesi tanya jawab berlangsung dengan antusias yang luar biasa dari para peserta. Banyak sekali pertanyaan yang masuk ke kolom chat dalam zoom meeting yang berlangsung.

Ada sebuah kutipan yang disampaikan oleh salah satu narasumber dalam sesi kelas kebangsaan kali ini, Ibu Rr. Yulia Widowati, S.H. terkait bela negara, yaitu “Mengetahui saja tidak cukup, kita harus menerapkan. Keinginan saja tidak cukup, kita harus melakukan.” Johann Wolfgang Von Goethe.

Begitulah seharusnya dalam bela negara, kita tidak cukup hanya tahu apa itu bela negara, kita tidak cukup hanya dengan sebuah keinginan untuk bela negara. Tetapi, bela negara itu harus kita terapkan, harus kita lakukan dengan tindakan yang nyata.

Salam kemerdekaan! Semangat Bela Negara!

pen.wahyudc.jsm.mansa