Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas
MAN 1 Kebumen

Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

MAN 1 Kebumen Makin Gemilang dalam Capaian pada Kegiatan PKKM
MAN 1 Kebumen Makin Gemilang dalam Capaian pada Kegiatan PKKM

 Umum

 Adinila Budiyadi

Kebumen - MAN 1 Kebumen, dengan Kepala Madrasah Wachid Adib telah selesai menjalankan satu regulasi yaitu Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada 14 November 2022, sebagai program tahunan untuk mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan Madrasah.

Sebagai Tim penilai pada PKKM MAN 1 Kebumen adalah Fauzi Ma’sum beserta Sriwi Rahayu selaku pengawas Madrasah pada tingkat Aliyah.

Kegiatan PKKM dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.30 WIB dengan didahului pembacaan Al Fatihah yang dipimpin oleh M. Khanifan selaku Master of Ceremony (MC) guna mengharapkan kelancaran acara.

Pada sesi berikutnya Wachid Adib menyampaikan sambutan sekaligus pemaparan program yang sudah dilalui selama setahun lebih terhitung sejak 1 Maret 2021.

“Terima kasih kepada segenap Tim PKKM yang sudah berjibaku menyiapkan segala sesuatu untuk kegiatan PKKM ini, setiap kepemimpinan ada tantangan tersendiri, di MAN 1 Kebumen saya mendapatkan iklim guru yang cerdas, kreatif, penuh percaya diri akan tetapi untuk SDM dari Peserta didik masih banyak yang kurang optimis akan keamampuan yang dimilikinya.” Tutur Adib dalam sambutannya.

Adapun rentetan program yang sudah dijalankan pada masa kepemimpinan Wachid Adib adalah sebagai berikut :

- Pendalaman materi UTBK dan Pengembangan Life Skill

- Membangun mental anak-anak melalui bimbingan life skill dan UTBK dengan bekerjasama dengan pihak luar

- Pemaparan program, visi, misi (penyelenggaraan IHT)

- Mengelola hubungan madrasah dengan masyarakat dengan menjalin MoU

- Mengelola unit layanan khusus dengan memanfaatkan segala sesuatu yang ada di Madrasah

- Publikasi di Madrasah sudah berdikari dan sering digandeng bekerjasama dengan Kemenag Kebumen

- Adanya terobosan aplikasi yang di kembankan di Madrasah (SIPAKEL, SIWADUL, PILAM)

- Pelayanan Madrasah dengan standar agar peserta didik menjadi bangga dengan almamater yang dimiliki

- Mengelola keungan yang akuntable, efektif dan transparan

- Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan

Setelah usai pemaparan dilanjutkan sambutan dari Tim penilai yang diwakilkan kepada Fauzi Ma’sum dengan menyampaikan beberapa pengarahan.

“Penilaian Kinerja Kepala Madrasah bukan hanya sekedar penilaian untuk Kepala Madrasah saja, akan tetapi penilaian untuk seluruh komponen yang ada di Madrasah tersebut, komponen yang satu dan lainnya saling terkait dan terhubung.” Fauzi Ma’sum dalam sambutanya.

Fauzi Ma’sum menambahkan Penialaian Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana mengikuti juknis yang ada dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian, yang meliputi usaha pengembangan Madrasah, pelaksanaan tugas managerial, pengembangan managerial, supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta hasil capaian kepala Madrasah.

PKKM berjalan sekitar 3,5 jam dengan pengecekkan tiap-tiap komponen dicross check dengan bukti fisik yang ada.

Dalam penutupan PKKM Sriwi Rahayu selaku penilai menyampaikan tentang capaian kemajuan MAN 1 Kebumen selama kepemimpinan Wachid Adib.

“Sesuai fakta yang ada MAN 1 selama kepemimpinan Bapak Kyai Wachid Adib mengalami berbagai peningkatan yang terdokumentasi dan tersosialisasikan kepada Masyarakat, meskipun di bagian administrasi relatif tetap, harapannya dengan adanya PKKM ini akan semakin memotivasi seluruh komponen Madrasah agar terus bertumbuh.” pungkas Sriwi rahayu selepas mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak. (lan)