MAN 1 KEBUMEN LAKSANAKAN WORKHSOP PENGEMBANGAN KURIKULUM SECARA VIRTUAL

MAN 1 KEBUMEN LAKSANAKAN WORKHSOP PENGEMBANGAN KURIKULUM SECARA VIRTUAL

Dalam dunia pendidikan kerikulum memiliki fungsi yang sangat vital yaitu sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Berkaca dari hal tersebut pada hari Senin, 16 Agustus 2021 MAN 1 Kebumen menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengembangan Kurikulum secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan yang dikuti oleh 62 peserta yang sebagian besar guru MAN 1 Kebumen tersebut, mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari  Kankemenag Kebumen dengan hadirnya Hj. Suwaibatul Aslamiyah.

H. Sodikun selaku kepala MAN 1 Kebumen dalam sambutannya menyampaikan, walaupun kondisi sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), MAN 1 Kebumen tetap harus melaksanakan workhsop secara virtual guna penyelesaian KTSP. “Harapannya dengan berjalannya workshop ini akan tercipta kurikulum yang sesuai dengan kekhasan (karakteristik), kondisi, potensi daerah, kebutuhan dan permasalahan daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, dengan mengacu pada standar nasional yang tercantum dalam Standar Isi”, tutur H. Sodikun

Saat membuka kegiatan Kasubag TU Kankemenag Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas terselenggarannya kegiatan ini. Dengan adanya workshop ini MAN 1 Kebumen mampu mengembangkan potensi dan kemampuannya untuk menjadi madrasah yang hebat mandiri dan berprestasi. Diharapakan MAN 1 Kebumen mampu menggunakan kelas unggulan untuk meningkatkan prestasi madrasah. Beliau turut bangga karena MAN 1 kebumen memiliki Program Keterampilan seperti Tata Busana, Multimedia dan Tahfid. “Multimedia memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan, karena di era pandemi sekarang dibutuhkan kemampuan olah digital multimedia”, tegasnya. “Kerjasama dengan pihak luar seperti BLK dan bursa kerja yang lain merupakan suatu langkah yang ideal, sehingga ketika lulusan siswa yang tidak melanjutkan kuliah dapat bekerja sesuai dengan kemampuannya”, tutur Hj. Suwaibatul Aslamiyah mengakhiri sambutannya.

Walaupun mengikuti dari rumah masing-masing melalui aplikasi Zoom Meeting, Bapak dan Ibu guru tampak penuh semangat mengikuti workshop dan menyimak pemaparan Hj Sriwi Rahayu selaku pemateri. Hj. Sriwi Rahayu yang saat ini menjabat sebagai Pengawas Madrasah Kankemenag Kabupaten Kebumen menyampaikan materi kurikulum dan membahas tentang KTSP di MAN 1 Kebumen. Beliau berharap MAN 1 Kebumen dapat mendayagunakan manfaat dalam kurikulum. “Dengan kurikulum yang ideal akan tercapai tujuan pendidikan, sebuah pendidikan akan berjalan dengan baik jika kurikulumnya disusun dan dijalankan dengan baik pula” ucap Hj, Sriwi Rahayu saat memaparkan materi workshop.

 

pen.tt.jsmmansa