MAN 1 Kebumen Gelar Workshop EDM

MAN 1 Kebumen Gelar Workshop EDM

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM). Titik tumpu dalam pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah.

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan pada hari Senin, 14 Juni 2021, MAN 1 Kebumen menyelenggarakan “Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM)”. Kegiatan yang diselenggarakan di GOR MAN 1 Kebumen ini diikuti oleh seluruh Guru dan Pegawai MAN 1 Kebumen. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kakankemenag Kabupaten Kebumen H. Panut beserta staff dan pengawas madrasah Hj. Sriwi Rahayu. Workshop EDM yang mulai pukul 08.00 pagi tersebut menitikberatkan pada evaluasi kekurangan dan persoalan yang dihadapi madrasah agar tercipta suatu inovasi sehingga terwujud madrasah hebat bermatabat dan mendunia.

Kepala MAN 1 Kebumen H. Sodikun dalam sambutannya menyampaikan, EDM merupakan program tahunan yang berfungsi untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan MAN 1 Kebumen. Harapannya dengan berjalannya workshop ini, akan terwujud MAN 1 Kebumen yang maju, ungul dan kompetitif. “Aktualisasi dari manfaat EDM ini adalah semangat kebersamaan seluruh civitas akademika MAN 1 Kebumen untuk mau mengevaluasi diri demi kemajuan bersama”, tegasnya.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut Kakankemenag Kabupaten Kebumen H. Panut membuka kegiatan Workshop Penyusunan EDM yang sedang dilaksanakan oleh MAN 1 Kebumen. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, evaluasi diri madrasah adalah lahan muhasabah, sehingga lakukan dengan jujur dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan madrasah. Tingkatkan integritas dengan pikiran, hati yang sejalan. “Tingkatkan mutu MAN 1 kebumen berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP)”, ajaknya.

Proses pelaksanaan Workshop Penyusunan EDM ini dipandu oleh Hj. Sriwi Rahayu. Dibawah bimbingannya Guru dan Pegawai MAN 1 Kebumen dibagi menjadi delapan kelompok yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Masing-masing kelompok menyusun evaluasi diri madrasah dengan menilai mutu penyelenggaraan pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini akan terwujud MAN 1 Kebumen menjadi madrasah hebat bermartabat dan mendunia.

tt.JSM.mansa