Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

Kembangkan Talenta MAN 1 Kebumen Sabet Beberapa Kejuaraan di O2SN
Kembangkan Talenta MAN 1 Kebumen Sabet Beberapa Kejuaraan di O2SN

 Prestasi

 Adinila Budiyadi

Kebumen- Menjadi tanda semangat Merdeka Belajar dan Merdeka Berprestasi, Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen) ikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)-SMA dengan mengirimkan beberapa duta dari cabang olahraga yang dilombakan pada jenjang SMA sebagai bagian integral dalam membangaun generasi emas Indonesia. (20/5)

Wakil kepala bidang kesiswan Yuniasih menyampaikan MAN 1 Kebumen mengirimkan 11 atlet yang terdiri dari cabang lomba atletik, bulu tangkis, renang, pencak silat dan karate, dengan tujuan agar peserta didik yang memiliki talenta bisa tersalurkan dan melatih sikap berkompetisi secara sportif.

“Konsentrasi kami tidak hanya sebatas mengembangkan kognitif bagi peserta didik, akan tetapi juga pada pengembangan talenta bidang seni, olahraga, keterampilan tanpa mengenyampingkan penanaman nilai-nilai Islami sebagai karakter siswa Madrasah.” Tutur Yuniasih.

Gedung Olah Raga (GOR) MAN 1 Kebumen sebagai salah satu lokasi diselenggarakannya O2SN tahun 2023 tingkat SMA/MA dengan cabang pertandingan karate, pencaksilat dan bulu tangkis, sementara cabang olahraga renang bertempat di stadion Candradimuka dan cabang olahraga atletik bertempat di SMK N 2 Kebumen. 

MAN 1 Kebumen mendapatkan 2 medali dalam pertandingan O2SN tahun 2023 ini, dengan digawangi pembina-pembina dari Madrasah setempat Singgih Wicaksono pada atletik sementara Slamet Raharja pada cabor Karate.
Satu medali perak diraih oleh Moh Zaenal Arifin kelas XI IPS 2 pada cabang olahraga atletik, ditambah 1 medali perunggu pada cabor Kumite Karate diraih oleh Hafizh Nuri Afwanzah kelas XI MIPA 3.

“Alhamdulillah, dengan persaingan yang sangat ketat antar SMA, SMK, MAN 1 Kebumen bisa pulang dengan membawa beberapa piala, hal ini tidak mudah seperti atlit pada cabang lomba atletik harus menguasai Pancalomba untuk bisa memenengkan pertandingan, sesuai juknis dari Kemdikbudristek Pancalomba tersebut meliputi lari 100m, 800m, lompat jauh, lempar lembing dan tolak peluru.” Penyampaian Singgih selepas pertandingan berakhir.

Dua kemenangan ini semakin meununjukan kepada masyarakat pada umumnya, bahwasanya Madrasah bukan hanya sekedar tempat untuk menimba ilmu agama saja, akan tetapi sejajar dengan SMA dan SMK pada umumnya yang berfungsi sebagai wadah pengembangan bakat dan minat peserta didik. (lan)