Anda Memasuki Kawasan Zona Integritas MAN 1 Kebumen, Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Bersih Melayani

Harlah ke46 MAN 1 Kebumen Usung Tema Wujudkan Madrasah Mandiri Taqwa dan Berprestasi
Harlah ke46 MAN 1 Kebumen Usung Tema Wujudkan Madrasah Mandiri Taqwa dan Berprestasi

 Umum

 Adinila Budiyadi

Kebumen- Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen (MAN 1 Kebumen)  berdasarkan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI No, D/ED/1978 tanggal 24 Mei 1978 pada tanggal 1 Januari 2024 genap berusia 46 tahun, pada pelaksanaanya peringatan tersebut diselenggarakan tanggal 29 sampai 3 Februari 2024.

Beberapa event untuk memeriahkan Harlah meliputi intern seperti lomba retorika dakwah , Kampus Expo, market day, dan diakhiri peringatan Isra’ Mi’raj dan sholawat dengan dihadiri sekitar 970 warga MAN 1 Kebumen, sementara kegiatan ekstern yaitu Mansa Sprint Contest di Stadion Chandradimuka.

Kegiatan dibuka (29/1) dengan apel di lapangan MAN 1 Kebumen, sekitar pukul 07.00 WIB “Mari kita buka kegiatan ini dengan bacaan basmalah, semoga rangkaian pada peringatan Harlah ini menjadi jalan untuk mengantarkan MAN 1 Kebumen senantiasa menjadi Madrasah yang Mandiri, Taqwa dan Berprestasi,” tutur Wachid Adib selaku kepala Madrasah.

Kegiatan retorika dakwah sebagai ajang pelatihan keagamaan dimulai pada pukul 08.30 WIB dilaksanakan di GOR Man 1 Kebumen. Diawali dari nomer urut pertama yaitu penampilan dari kelas X.9 dengan bertemakan ‘peringatan nuzulul qur’an 17 Ramadhan 1445 h. Selanjutnya ada kelas X.4 bertemakan isro’ mi’roj , kelas X.5 pernikahan.

Bersamaan dengan acara retorika tersebut, terdapat market day dari kelas yang sudah terjadwal, dengan menyajikan anek ragam jajanan yang bisa dinikmati sembari menyaksikan penampilan retorika dakwah yang sedang berlangsung.

Acara berlanjut hari ke-2 dengan Parade Campus dan campus expo (BRATASENA EXPO) berlangsung sekitar 1,5 jam. Seluruh siswa berkumpul di GOR tak terkecuali para guru. Teaser pembukaan BRATASENA EXPO ditampilkan melalui layar lcd sembari menunggu. Perwakilan mahasiswa dari sejumlah Universitas ternama di Indonesia menampilkan parade dengan berbaris berjalan melalui pintu masuk untuk berdiri diatas karpet merah disaksikan seluruh siswa yang bertepuk tangan riuh. “Besok giliran kami bediri untuk mewakili kampus impian kami dan disaksikan adik kelas” teriak beberapa peserta didik penuh antusias.

Kegiatan retorika dakwah masih berlangsung hingga hari ke-4 dengan tema lain seperti peresmian masjid, pemakaman jenazah selesai pukul 14.30 dan dilanjutkan acara untuk esok hari, peringatan HUT RI, santunan yatim piatu.

Selanjutnya hari Jum’at tanggal 2 Februari 2024 sebagian guru melakukan ziarah ke makam para pendiri MAN 1 Kebumen, sementara di Madrasah terdapat penampilan dari grup band Man 1 Kebumen dari peserta didik dan guru, kegiatan hari jumat diakhiri dengan foto bersama.

Rangkaian acara yang telah terlaksana selama seminggu ditutup dengan perayaan isra’ mi’raj dengan tema ‘Mengimplementasikan Isra’ Mi’raj untuk Mewujudkan Generasi Muda Berakhlakul Karimah’. Dibuka dengan pembacaan tahlil, yang dipimpin oleh Kyai Masrukhin dan dilanjutkan mauidotul hasanah yang diisi oleh Afifudin Zuhri dari pondok pesantren At-Tauhid, Jagomertan, Petanahan, Kebumen. (malf/lan )